Peraturan More on this category »
SOP More on this category »
Pelatihan More on this category »

Contoh Surat Tagihan Kredit

Salah satu langkah antisipisasi penanganan kredit bermasalah adalah dengan penerbitan Surat Tagihan Kredit. Pemberitahuan tagihan akan lebih bagus jika disampaikan kepada setiap debitur mulai dari kredit dengan kolektibilitas lancar sampai dengan yang sudah menjadi macet. Pemberian surat tagihan atau pemberitahuan ini pada dasarnya berisi tentang kewajiban jatuh tempo dari debitur dalam kurung waktu tertentu sebagaimana yang tertera di dalamnya. Mungkin akan lebih baik lagi apabila surat tagihan atau pemberitahuan kewajiban jatuh tempo ini disampikan kepada debitur setiap bulannya. Bagi pembaca Poke Bank, mungkin sudah pernah melihat bagaimana format dari surat dimaksud. Namun dari Poke Bank sendiri akan menyajikan format yang berbeda sebagaimana dibawah ini:

Gambar Surat

Contoh surat tagihan kredit/ pemberitahuan tunggakan:

Makassar, 31 Agustus 2016

Nomor : 001/PB-08/ST/2016
Lamp. : 1 (satu) lembar

Kepada Yth.
Bapak Debitur A
Di-
Tempat

Perihal : Kewajiban Jatuh Tempo Saudara

Menunjuk perjanjian kredit saudara Nomor PK 001/PK/2016 tanggal 01 Januari 2014 atas nama "Debitur A" dengan jumlah plafon kredit sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) dengan Jangka waktu 1 (satu) tahun, bersama ini disampaikan bahwa dalam catatan administrasi perkreditan kami, Saudara belum melakukan pembayaran atas kewajiban saudara yang akan dan atau telah jatuh tempo. Sebagai informasi perlu kami sampaikan bahwa Saudara telah menunggak sebanyak Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut:

tunggakan Pokok : Rp.600.000
Tunggakan Bunga : Rp 400.000
Denda atas tunggan : Rp. 100.000
Total Kewajiban Rp. 1.100.000
terbilang (satu juta seratus ribu rupiah)

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan kepada Saudara agar segera melunasi seluruh kewajiban/ tunggakan sebagaimana tersebut di atas selambat-lambatnya pada 10 hari sejak tanggal surat ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kewajiban saudara, silahkan menghubungi petugas kami.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian saudara.

PT. Bank Poke
Kepala Bagian Kredit



Abd, Poke

Copyright © 2016. Poke Bank - Proudly powered by Blogger